Friday 11 January 2013

Ragam Puisi


Di tinjau dari bentuk  maupun isinya,ragam puisi itu bermacam-macam, yakni sebagai berikut:
a.       Puisi epik, yakni suatu puisi yang di dalamnya mengandung cerita kepahlawanan, baik kepahlawanan yang berhubungan dengan legenda, kepercayaan, maupun sejarah.
b.      Puisi naratif, yakni puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita, dengan pelaku, perwatakkan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita.
c.       Puisi lirik, yakni puisi yang berisi luapan batin individual penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suasana batin yang melingkupinya. Jenis puisi lirik umumnya paling banyak terdapat dalam khazanah sastra modern di Indonesia seperti tampak dalam puisi-puisi Chairil Anwar, Sapardi Djokodamono, Goenawan Mohammad, dan lain-lainnya.
d.      Puisi dramatik, yakni salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan, dialog, maupun monolog sehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu. Dalam puisi dramatik dapat saja penyair berkisah tentang dirinya atau orang lain yang diwakilinya lewat monolong.
e.       Puisi didaktik, yakni puisi yang mengandung nilai-nilai kependidikan yang umumnya tertampil eksplisit.
f.       Puisi satirik, yaitu puisi yang mengandung sindiran atau kritik tentang kepincangan atau ketidak beresan kehidupan suatu kelompok maupun masyarakat.
g.      Romance, yakni puisi yang berisi luapan rasa cinta seseorang terhadap sang kekasih.
h.      Elegi, yakni puisi yang mengugkapkan rasa pedih seseorang.
i.        Ode, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap seseorang yang memilki jasa atau sikap kepahlawanan.
j.        Himne, yaitu puisi yang berisi pujian kepada Tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap bangsa ataupun tanah air.

No comments: