Friday 11 January 2013

Pengertian Deklamasi


Deklamasi berasal dari bahasa Latin yang maksudnya declamare atau declaim yang membawa makna membaca sesuatu hasil sastra yang berbentuk puisi dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu. Gerak yang dimaksudkan ialah gerak alat bantu yang puitis, yang seirama dengan isi bacaan.
Umumnya memang deklamasi berkait rapat dengan puisi, akan tetapi membaca sebuah cerpen dengan lagu atau gerak tubuh juga bisa dikatakan mendeklamasi. Mendeklamasikan puisi atau cerpen bermakna membaca, tetapi membaca tidak sama dengan maksud mendeklamasi. Maksudnya di sini bahwa apapun pengertian membaca tentunya jauh berbeda dengan maksud deklamasi.
Menurut Abdullah Syukur Ibrahim (1987 : 147) deklamasi sebenarnya merupakan peristiwa seni, yaitu seni mengungkapkan sebuah puisi kepada pendengarnya dengan gerak-gerik, mimik, dan sebagainya. Dengan kata lain, deklamasi ialah seni bercerita. Orang yang melakukan deklamasi disebut “ Deklamator” untuk laki-laki dan “ Deklamatris” untuk perempuan. Sedangkan tujuan deklamasi ialah untuk mengutarakan pikiran/ kebijakan yang terdapat dalam sebuah puisi, sehingga nilai-nilai keindahannya terucap keluar dan terdengar oleh orang lain.
Bahan yang dideklamasikan biasanya berupa karya sastra, seperti pantun, sajak, atau puisi. Tentu saja tidak semua pantun, sajak atau puisi dapat dideklamasikan, karena sebelum berdeklamasi kita harus mencari dulu mana sajak, puisi, pantun-pantun yang baik dan menarik untuk dideklamasikan. Supaya orang dapat melakukan deklamasi dengan baik perlu dipersiapkan dan latihan jauh sebelumnya. Semua orang dapat melakukan deklamasi, asalkan tahu cara dan tujuannya.