A. PENDAHULUAN
Pembelajaran suatu pelajaran akan bermakna
bagi siswa apabila guru mengetahui tentang objek yang diajarkannya sehingga
dapat mengajarkan materi tersebut dengan penuh dinamika dan inovasi dalam
proses pembelajarannya. Demikian halnya dengan pembelajaran matematika di
Sekolah Dasar, guru SD perlu memahami bagaimana karakteristik matematika. Tidak
mudah untuk mencapai kata sepakat diantara ahli matematika untuk mendefinisikan
tentang matematika akan tetapi mereka semua sepakat bahwa sasaran dalam
pembelajaran matematika tidaklah kongkret.
Istilah Matematika berasal dari bahasa
Yunani, mathein dan mathenem yang berarti mempelajari. Kata matematika diduga
erat hubungannya dengan kata sansekerta, medha atau widya yang artinya
kepandaian, ketahuan atau intelegensi. (Nasution, 1980: 2). Berikut ini
beberapa definisi tentang matematika:
- Matematika itu terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma dan dalil-dalil yang dibuktikan kebenarannya, sehingga matematika disebut ilmu deduktif (Russefendi, 1989: 23).
- Matematika merupakan pola berfikir, pola mengorganisasikan pembuktian logic, pengetahuan struktur yang terorganisasi memuat sifat-sifat, teori-teori di buat secara deduktif berdasarkan unsur yang tidak didefinisikan, aksioma, sifat atau teori yang telah dibuktikan kebenarannya. (Johnson dan Rising, 1972 dalam Rusefendi, 1988: 2).
- Matematika merupakan telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berfikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat. (Reys, 1984. Dalam Rusefendi, 1988: 2)
- Matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi beradanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam. (Kline, 1973, dalam Rusefendi, 1988:2).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak
dan pola hubungan yang ada didalamnya. Ini berarti bahwa belajar matematika
pada hakekatnya adalah belajar konsep, struktur konsep dan mencari hubungan
antar konsep dan strukturnya. Ciri khas matematika yang deduktif aksiomatis ini
harus diketahui oleh guru sehingga mereka dapat membelajarkan matematika dengan
tepat, mulai dari konsep-konsep sederhana sampai yang kompleks.
Matematika yang merupakan ilmu deduktif,
aksiomatik, formal, hirarkis, abstrak, bahasa symbol yang padat arti dan
semacamnya adalah sebuah system matematika. Sistem matematika berisikan
model-model yang dapat digunakan untuk mengatasi persoalan-persoalan nyata.
Manfaat lain yang menonjol adalah matematika dapat membentuk pola pikir orang
yang mempelajarinya menjadi pola piker matematis yang sistematis, logis, kritis
dengan penuh kecermatan.
Selain mengetahui karakteristik matematika,
guru SD perlu juga mengetahui taraf perkembangan siswa SD secara baik dengan
mempertimbangkan karakteristik ilmu matematika dan siswa yang belajar. Anak
usia SD sedang mengalami perkembangan dalam tingkat berfikirnya. Taraf
berfikirnya belum formal dan relatif masih kongkret, bahkan untuk sebagian anak
SD kelas rendah masih ada yang pada tahap pra-kongkret belum memahami hokum
kekekalan, sehingga sulit mengerti konsep-konsep operasi, seperti penjumlahan,
pengurangan, pembagian, dan perkalian. Sedangkan anak SD pada tahap berfikir
kongkret sudah bisa memahami hokum kekekalan, tetapi belum bisa diajak untuk
berfikir secara deduktif sehingga pembuktian dalil-dalil matematika sulit untuk
dimengerti oleh siswa. Siswa SD
kelas atas (lima
dan enam, dengan usia 11 tahun ke atas) sudah pada tahap berfikir formal. Siswa
ini sudah bisa berfikir secara deduktif.
Dari uraian di atas sudah jelas adanya
perbedaan karakteristik matematika dan siswa SD. Oleh karenanya diperlukan
adanya kemampuan khusus dari seorang guru untuk menjembatani antara dunia anak
SD yang sebagian besar belum berfikir secara deduktif untuk mengerti ilmu
matematika yang bersifat deduktif. Apa yang dianggap logis dan jelas oleh para
ahli matematika dan apa yang dapat diterima oleh orang yang berhasil
mempelajarinya (termasuk guru). Bisa jadi merupakan hal yang membingungkan dan
tidak masuk akal bagi siswa SD.
Problematika pembelajaran matematika SD
senantiasa menarik diperbincangkan mengingat kegunaannya yang penting untuk
mengembangkan pola piker dan prasyarat untuk mempelajari ilmu-ilmu eksak
lainnya, tetapi masih dirasakan sulit untuk diajarkan secara mudah oleh guru
dan sulit diterima sepenuhnya oleh siswa SD. Kegunaan matematika bagi siswa SD
adalah sesuatu yang jelas yang tidak perlu dipersoalkan lagi, terlebih pada era
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Hal yang terpenting
untuk segera dipecahkan dalam masalah pembelajaran matematika SD adalah
bagaimanakah mengajarkan matematika sehingga guru dan siswa senang dalam proses
belajar mengajar?
B. KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR
Matematika, menurut Ruseffendi (1991),
adalah bahasa symbol; ilmu deduktif yang tidak menerima pembuktian secara
induktif; ilurmu tentang pola keteraturan, dan struktur yang terorganisasi,
mulai dari unsure yang tidak didefinisikan keunsur yang didefinisikan,
keaksioma atau postulat, dan akhirnya ke dalil. Sedangkan hakikat matematika
menurut Soedjadi (2000) yaitu memiliki objek kajian yang abstrak, bertumpu pada
kesepakatan, dan pola piker deduktif.
Siswa Sekolah Dasar umurnya berkisar antara
6 atau 7 tahun, sampai 12 atau 13 tahun. Menurut Piaget, mereka berada pada
fase operasional konkret. Kemampuan yang tampak pada fase ini adalah kemampuan
dalam proses berfikir untuk meng operasikan kaidah-kaidah logika, meskipun
masih terikat dengan objek yang bersifat konkret.
Dari usia perkembangan kognitif, siswa SD
masih terikat dengan objek konkret yang dapat ditangkap oleh panca indera.
Dalam pembelajaran matematika yang abstrak, siswa memerlukan alat bantu berupa
media, dan alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh
guru sehingga lebih cepat dipahami dan dimengerti oleh siswa. Proses
pembelajaran pada fase konkret dapat melalui tahapan konkret, semi konkret,
semi abstrak, dan selanjutnya abstrak.
Dalam matematika setiap konsep yang abstrak
yang baru dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar mengendap dan bertahan
lama dalam memori siswa, sehingga akan melekat dalam pola piker dan pola
tindakannya. Untuk keperluan inilah, maka diperlukan adanya pembelajaran
melalui perbuatan dan pengertian, tidak hanya sekedar hafalan atau mengingat
fakta saja, karena hal ini akan mudah dilupakan siswa. Pepatah Cina mengatakan,
“saya mendengar maka saya lupa, saya melihat maka saya tahu, saya berbuat maka
saya mengerti”.
C. PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Seorang guru akan dapat menyajikan materi
matematika dengan baik perlu menguasai bahan kajian matematika yang akan
diajarkannya. Akan tetapi penguasaan terhadap bahan saja tak cukup, namun perlu
juga penguasaan strategi dan pendekatan pembelajaran matematika, dalam hal ini
adalah matematika SD. Pembelajaran matematika kadang-kadang terasa sulit,
banyak hambatan, banyak kegagalan, baik bagi siswa maupun guru, tetapi dilain
pihak kita juga pernah merasa senang dan puas. Ini tentunya merupakan
pengalaman sekaligus tantangan untuk bisa menyajikan matematika di kelas lebih
banyak hal-hal yang menyenangkan bagi siswa dan guru. Oleh karena itulah, pada
kesempatan ini kita mencoba untuk i menggali pendekatan dan metode pembelajaran
matematika yang memungkinkan siswa untuk belajar matematika lebih baik.
Pemilihan pendekatan dan metode
pembelajaran yang cocok untuk suatu konsep matematika perlu memperhatikan
hakekat ilmu matematika, hakekat anak SD, kurikulum matematika SD dan teori
belajar matematika.
Pendekatan belajar mengajar merupakan suatu
konsep atau prosedur yang digunakan dalam membahas bahan pelajaran untuk
mencapai tujuan belajar mengajar. Sedangkan metode mengajar merupakan suatu
cara mengajar yang dapat digunakan untuk mengajarkan tiap bahan pelajaran. Tiap
pelajaran mempunyai ciri khas tertentu sehingga melahirkan pendekatan tertentu
dalam pengajarannya.
No comments:
Post a Comment