Friday 14 March 2014

Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif

Bagi anda yang sudah menginjak semester akhir, maka pasti sudah bingung untuk mencari-cari referensi tentang bagaimana cara Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif secara benar. Untuk sedikit membantu permasalahan anda maka kami akan ulas sedikit referensi sebagai berikut:

Proposal Penelitian Kuantitatif

Rancangan atau proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan diikuti oleh peneliti untuk melakukan penelitiannya. Dalam menyusun rancangan penelitian, perlu di antisipasi tentang berbagai sumber yang dapat digunakan untuk mendukung dan yang menghambat terlaksananya penelitian.



Penelitian dilakukan berangkat dari adanya suatu permasalahan. Masalah merupakan suatu penyimpangan dari apa yang seharusnya dengan apa yang terjadi, penyimpangan antara rencana dengan pelaksanaan, penyimpangan antara teori dan praktek, dan penyimpangan antara aturan dengan pelaksanaan. Masalah itu muncul pada ruang (tempat) dan waktu tertentu.

Rancangan penelitian harus dibuat secara sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang betul-betul mudah di ikuti. Rancangan penelitian yang sering disebut proposal penelitian paling tidak berisi 4 Komponen Utama, yaitu permasalahan, Landasan Teori, dan Pengajuan Hipotesis, Metode Penelitian, Organisasi dan Jadwal Penelitian.

Proposal Penelitian Kuantitatif dikemas dalam sistematika seperti ditunjukkan pada gambar berikut.



I. PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Batasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Hasil Penelitian

II. LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN
HIPOTESIS

A. Deskripsi Teori
B. Kerangka Berfikir
C. Hipotesis

III. PROSEDUR PENELITIAN

A. Metode
B. Populasi dan Sampel
C. Instrumen Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Teknik Analisis Data

IV. ORGANISASI DAN JADWAL PENELITIAN

A. Organisasi Penelitian
B. Jadwal Penelitian

V. BIAYA YANG DIPERLUKAN


Sumber yang lebih lengkap mengenai penjelasan masing-masing Bab bisa anda baca di Buku METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DAN R&D. Penulis Prof. Dr. Sugiyono. Cetakan ke 13 tahun 2013.

Sumber tulisan Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

No comments: