Saturday 4 February 2012

Makalah Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI SDN Sitirejo 02 Wagir Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Faktor Dan Kelipatan Bilangan (Bag C)

C.    Tawaran Solusi

1.    Mengadakan tes untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa. Hasil tes ini kemudian menjadi dasar bagi peneliti untuk membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang masing-masing beranggotakan 4-5 orang untuk merangsang pertukaran pendapat dan interaksi antar guru dengan siswa dan antar siswa, saling menghormati pendapat yang berbeda, dan menumbuhkan konsep diri siswa. Pembagian anggota kelompok didasarkan pada tingkat kemampuan, jenis kelamin, status sosial dan etnis.
2.    Memberikan angket untuk diisi oleh siswa sehingga dapat diketahui tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran matematika

3.    Mengadakan pembimbingan pada guru matematika SDN Sitirejo 02 Wagir tentang pendekatan matematika realistik khususnya tentang pembelajaran matematika soal cerita

4.    Menyusun perangkat pembelajaran yang mengacu pada karakteristik Pendekatan Matematika Realistik secara umum meliputi komponen: tujuan, materi, kegiatan belajar mengajar di kelas, dan evaluasi.

5.    Melaksanakan skenario pembelajaran yang mengacu pada pendekatan Matematika Realistik untuk tiap-tiap siklus tindakan (direncanakan tiga siklus), evaluasi dan refleksi.

6.    Tindakan di dalam kelas disesuaikan dengan sintaks implementasi Pendekatan Matematika Realistik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, yaitu:
a.    Melaksanakan skenario pembelajaran melalui penyajian masalah yang kontekstual untuk menghubungkan matematika denga dunia sekitar (sebelum siswa masuk pada sistem formal, terlebih dahulu siswa dibawa ke situasi informal).
b.    Mengusahakan keterlibatan siswa dengan bantuan guru untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi konsep sendiri sesuai materi matematika yang dipelajari.
c.    Mengaplikasikan konsep yang telah ditemukan ke dalam masalah sehari-hari atau dalam bidang lain.

7.    Evaluasi dilaksanakan selama dan setelah proses pembelajaran. Evaluasi selama proses pembelajaran dilakukan melalui observasi bagaimana siswa mengkomunikasikan matematika. Sedangkan setelah pembelajaran dapat dilakukan dengan memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan soal beserta alasannya dan mengajukan soal kepada siswa untuk dikerjakan beserta alasannya. Pada akhir setiap siklus tindakan dilakukan evaluasi untuk mengetahui kemajuan hasil belajar yang telah dicapai siswa. Hasil dari evaluasi pada akhir setiap siklus akan direfleksi untuk memperbaiki pelaksanaan tindakan.

No comments: