Saturday 24 December 2011

CPNS 2011 & 2012


            Tahun 2011 akan segera berakhir dan berganti tahun 2012, namun kenangan sejak 3 tahun lalu tepatnya sejak tahun 2008 di mana setiap akhir tahun diadakan tes penerimaan CPNS kembali muncul. Namun mengapa di tahun 2011 ini tidak ada lagi tes cpns yang dulu sering saya ikuti? Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui alasan pemerintah tidak mengadakan perekrutan CPNS. Iya benar, tidak adanya perekrutan CPNS tahun ini karena adanya moratorium. Selanjutnya diperkuat lagi dengan rencana pengangkatan tenaga honorer kategori I sebanyak 67.000 orang. Woow banyak bener...!!! Saya ucapkan selamat bagi para tenaga honorer yang nanti memenuhi kualifikasi-kualifikasi yang telah ditentukan dan bisa segera di angkat sebagai CPNS.

           Sebenarnya pemerintah awalnya menjalankan moratorium dan tetap akan mengadakan perekrutan tenaga medis (perawat, bidan, dan dokter), tenaga pendidik (guru), serta sipir penjara. Namun, celah tersebut terbentur rencana pengangkatan honorer kategori I, setelah keluarnya pemerintah (PP) tentang pengangkatan tenaga honorer.Dengan adanya pengangkatan tenaga honorer yang sebanyak itu, kemungkinan untuk tahun 2012 pengangkatan CPNS untuk 2012 secara serentak seperti tahun-tahun sebelumnya juga bakalan tidak ada. Namun begitu kemungkinan penerimaan CPNS 2012 secara lokal tetap masih ada, khususnya bagi tenaga medis dan pendidik.Dengan syarat pemerintah daerah atau pusat yang boleh merekrut CPNS di pos ini hanya yang memiliki postur anggaran belanja pegawai kurang dari 50%. Jika belanja pegawai masih di atas 50%, daerah tidak diperbolehkan merekrut CPNS baru meskipun daerah tersebut mengalami kekurangan, baik tenaga medis maupun pendidik.
          Bagi teman-teman yang tetap masih berharap agar tahun depan ada perekrutan CPNS, saya hanya bisa bilang marilah kita sama-sama bersabar. Semoga daerah kita nanti pada tahun 2012 bisa mengadakan perekrutan CPNS. amiin...Dan saya tidak lupa berdoa supaya kita bisa lolos tes tersebut. Saya ingin berpesan bagi teman-teman yang sudah dijanjikan dengan kata-kata manis oleh para oknum yang mengaku bisa membuat teman-teman lolos penerimaan tahun depan, saya minta jangan mudah percaya dulu karena memang belum ada kepastian tentang ada dan tidaknya perekrutan CPNS di daerah kalian masing-masing. Sebenarnya juga tidak baik untuk mengikuti praktek-praktek yang curang seperti itu. Memang tidak mudah untuk merubah sistem kecurangan yang sudah membudaya di masyarakat kita, baik dari kalangan atas (oknum pejabat/panitia pengadaan) maupun kalangan kelas bawah (para calon pendaftar) yang sudah tidak menjadi hal yang rahasia lagi. Namun jika tidak dari kita yang mulai mempunyai kesadaran, syapa lagi yang akan bisa merubah itu semua. Saya mempunyai harapan besar agar suatu saat nanti negara kita benar-benar bersih dari praktek-praktek yang haram semacam itu.


                                                                                                                                 Sumber : Jawa Pos

Puspito

1 comment:

Anonymous said...

Amiiin bang!!